LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Tips Ampuh Menabung. Lebih Mudah dan Efisien!

Tips Ampuh Menabung

Siapa di sini yang kesulitan untuk menabung? Hayooo ngaku aja ya. Mungkin bukan cuma kamu saja yang mengalaminya, tetapi masih banyak kok orang lain yang juga merasa sulit untuk menabung. Bahkan menabung jadi seolah hanya sebuah wacana saja. Sangat miris sekali!! Jangan ya dek ya...

Bagi sebagian orang, menabung memang terlihat sangat sulit, hal ini karena memang tidak dibiasakan sejak kecil. Apalagi tidak semua orang rela menyisihkan sebagian uangnya dan menahan untuk berbelanja keinginannya di era yang serba digital ini.

Ditambah lagi dengan kemudahan dalam berbelanja dan bertransaksi melalui ponsel, membuat sebagian orang berlaku boros membeli berbagai macam barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Salah satunya melalui fitur paylater.

Menabung memang sebuah kebiasaan yang harus dibiasakan sejak usia dini. Makanya dari zaman dulu kala, orang tua kita selalu menasihati kepada putra-putrinya untuk rajin menabung.

Tips Ampuh Memulai Kebiasaan Menabung

Perlu kamu ketahui, menabung merupakan salah satu kebiasaan bijak dalam mengelola keuangan pribadi. Ada begitu banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari rajin menabung, terutama untuk jangka panjang.

Namun tidak semua orang bisa menerapkan kebiasaan baik ini. Lantas, bagaimana cara ampuh untuk memulai kebiasaan menabung? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba : 

1. Jangan menunda-nunda

Jika ingin memulai menabung, jangan pernah untuk menunda lagi ya. Alasannya karena masih banyak kebutuhan ini itu. Padahal menabung bisa dimulai dari yang receh loh. Seiring berjalannya waktu, yang receh pun lama-lama akan menjadi banyak jika dikumpulkan.

Jangan sampai terjerumus pada pemborosan berkedok self-reward yang membuat kita malah menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. 

Paksa dirimu sendiri untuk mulai menabung dan menyisihkan sebagian uang saat ini juga. Mulailah dengan menyisihkan sebagian uangmu yang tidak memberatkanmu, karena memang kebiasaan menabung harus dipaksa dan dimulai dari sekarang.

2. Tracking hal-hal secara detail

Selalu mencatat hal-hal detail, merupakan salah satu cara ampuh agar bisa memulai kebiasaan menabung. Ada baiknya kita mencatat atau melakukan tracking (pelacakan) setiap pengeluaran secara detail. 

Pencatatan secara detail, akan membantu kita untuk mengetahui berapa banyak uang yang sudah kita keluarkan selama ini. Cara ini dinilai cukup ampuh untuk mencegah perbuatan boros, yang menjadi penghambat untuk menabung.

Pencatatan yang lebih detail juga bermanfaat untuk kita menghitung atau memprediksi pengeluaran di bulan atau periode selanjutnya, apa yang perlu dan tidak perlu dibeli. Baiknya kamu terapkan gaya hidup Frugal Living ya guys, agar kamu tidak lagi boros.

3. Budgeting (mengelola) keuangan

Baik individu maupun keluarga, sangat perlu melakukan budgeting untuk mengelola keuangan. Tanpa budget yang jelas, kita pastinya akan kebablasan membelanjakan uang kita tanpa rencana yang matang. Parahnya lagi kita tidak menyisakan uang untuk menabung.

Sederhananya, kita siapkan masing-masing pos pengeluaran, pos tabungan, pos dana darurat dan jenis pos lainnya. Pemetaan keuangan yang jelas dan terencana ini akan membantu kita lebih disiplin dalam mengatur keuangan.

Kita menyadari, terkadang rencana yang sudah kita rancang tidak sesuai dengan realita kehidupan. Namun dengan adanya budgeting dari awal, besar kemungkinan kita tidak melenceng jauh dari planning yang sudah ditetapkan sebelumnya, bukan?

4. Menyiapkan rekening khusus untuk tabungan

Tips ampuh menabung selanjutnya adalah membuat rekening khusus untuk menabung. Jika kamu mengalami kesulitan dalam menabung, ada baiknya kamu membuka rekening baru yang kamu gunakan hanya untuk menyimpan uang tabungan.

Jika uang yang kamu tabung masih berada pada rekening yang sama dengan rekening pengeluaran sehari-hari, kemungkinan besar uang tabungan kamu juga akan ikut terkuras.

5. Nonaktifkan fitur autopay 

Era digital saat ini memudahkan kita untuk melakukan berbagai macam pembayaran atau tagihan dari mana saja dan kapan saja. Melalui fitur autopay alias bayar otomatis, tanpa disadari kita mengeluarkan uang tanpa pertimbangan matang.

Orang yang bijak dalam keuangan, biasanya jarang menggunakan fitur ini. Alasannya untuk menekan pengeluaran yang boros. Fitur autopay biasanya kerap dijumpai ketika kita berlangganan suatu aplikasi melalui ponsel, seperti layanan streaming tv online, layanan musik digital dan layanan berlangganan lainnya.

6. Manfaatkan promo sebelum berbelanja online

Tidak ada salahnya kita belanja kebutuhan secara online. Namun alangkah lebih bijak lagi jika kita pandai manfaatkan promo atau best deal, karena ini berarti kita mengkomparasikan harga barang yang kita beli dengan harga yang lebih murah dengan barang yang sama atau setara.

Belanja online menunggu promo, akan membantu kita terhindar dari impulsive buying atau belanja impulsif (tindakan membeli barang atau jasa secara spontan dan tidak terencana), tetapi dengan catatan ketika promo tiba, kita hanya membeli barang apa yang sudah direncanakan sebelumnya ya!

Konklusi

Last but not least. Bagian terpenting adalah pastikan uang yang akan kita tabung ada ya guys! Jika uangnya tidak ada, lantas apa yang mau ditabung, hehehe... 

Jadi, selalu sisihkan pos khusus untuk menabung ya, baru deh kamu penuhi kebutuhan tersier lainnya, misalnya liburan, pergi nonton bioskop ataupun nongkrong di cafetaria. 

Semoga bermanfaat.

Share This Article :
836955841360431299