LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Mengenal Generasi The Builders Hingga Generasi Alpha. Kamu Termasuk yang Mana?

Mengenal Generasi The Builders Hingga Generasi Beta

Seperti kamu ketahui, setiap generasi memiliki sebutannya masing-masing, serta karakteristik yang berbeda-beda. Mungkin saja kamu sudah tidak asing lagi dengan generasi milenial atau Gen-Z bukan? Nah, sebenarnya ada beberapa generasi yang menghiasi perjalanan kehidupan ini loh.

Pokoknya kamu baca terus artikel ini sampai selesai ya. Bolehlah sambil ngopi santai, biar lebih semangat baca artikelnya.

Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini :

1. The Builders (Lahir < 1946)

Orang-orang yang lahir sebelum tahun 1946 memiliki kontribusi terhadap banyak aspek vital di masyarakat, mulai dari pemukiman, institusi hingga infrastruktur. Mereka dikenal sebagai generasi yang sangat tangguh, karena pernah melalui masa-masa sulit, seperti depresi dan Perang Dunia II.

Julukan generasi senior sangat tepat ditujukan kepada mereka, karena sangat menjunjung tinggi nilai-nilai serta komitmen kuat di tengah masyarakat. Mereka juga memiliki rasa pengertian yang tinggi dan adaptif, serta suka menghargai generasi muda yang tumbuh di zaman yang berbeda dari zaman mereka.

2. Baby Boomers (Lahir 1946-1964)

Generasi kedua adalah baby boomers yang lahir antara tahun 1946 hingga 1964. Generasi baby boomers dikenal memiliki kepribadian yang kompetitif secara umum serta memiliki komitmen tinggi dan loyal.

Selain itu, generasi ini juga suka bekerja keras, tetapi tidak suka menerima kritikan. Mereka juga dikenal membawa banyak perubahan dalam bidang budaya, sosial dan ekonomi, hingga berdampak pada sekarang ini.

Sebagai generasi yang memiliki kekayaan paling tinggi, sehingga mereka kerap digambarkan sebagai "bank ibu dan ayah", karena berkontribusi besar terhadap perkembangan ekonomi dan suka memberikan dukungan kepada generasi selanjutnya.

3. Generasi X (Lahir 1965-1979)

Bagi orang-orang kelahiran antara tahun 1965 hingga 1979 termasuk dalam generasi X, yang terkenal memiliki karakter mandiri dan fokus. Pada generasi ini juga cenderung mengutamakan karier atau career oriented.

Mereka juga dikenal memiliki jiwa problem solver yang mumpuni, karena memiliki banyak akal yang bisa dibilang sering kali out of the box. Mereka juga kerap mendapatkan pendidikan yang disiplin oleh orang tua, sehingga memiliki karakter yang mandiri, disiplin dan pekerja keras.

Adakah kamu salah satu pembaca yang masuk generasi ini?

4. Generasi Y / Milenial (Lahir 1980-1994)

Generasi Y atau yang lebih dikenal sebagai generasi milenial adalah orang-orang yang lahir antara tahun 1980 hingga 1994. Saya sendiri kelahiran tahun 1981 (nggak ada yang nanya sih !!). Generasi milenial adalah generasi yang cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup tinggi.

Biasanya mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi (kepo abis!). Mereka lahir dan tumbuh besar antara peralihan teknologi, itulah mengapa disebut milenial. Selain itu, ambisi mereka juga tinggi, sehingga rentan terhadap stres dan depresi.

Mereka juga dikenal memiliki kepedulian terhadap berbagai isu yang ada, seperti isu sosial, hingga aktif berpolitik serta mendukung perubahan progresif. Mereka begitu ekspresif, percaya diri dan 'open minded', sehingga mereka berbeda dengan generasi sebelumnya yang dikenal tegas dan kaku.

5. Generasi Z / Gen-Z (Lahir 1995-2009)

Siapa nih yang lahir di antara tahun 1995 hingga 2009?? Jika iya, maka kamu termasuk generasi Z atau biasa disebut Gen-Z. Biasanya mereka yang lahir antara tahun tersebut merasakan manfaat luar biasa dari perkembangan teknologi dan internet yang cepat.

Makanya tidak heran jika mereka cenderung tumbuh menjadi individu yang lebih cerdas, sukses dan sehat. Mereka juga sangat peduli dengan pendidikan dan menyadari betapa pentingnya dalam perkembangan mereka. 

Generasi ini juga terus upgrade keterampilan dan pengembangan diri, agar bisa memanfaatkan skill yang dimilikinya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

6. Generasi Alpha (Lahir 2010-2024)

Generasi Alpha lahir antara tahun 2010 hingga 2024 dan dikenal dengan "anak-anak milenium". Berhubung usianya masih anak-anak, karakteristik generasi Alpha belum terlihat jelas. 

Biasanya mereka memiliki pengetahuan seputar teknologi yang luar biasa serta lebih terampil secara digital dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini pastinya menjadi perhatian penting bagi orang tua agar putra putri tercinta tidak terbawa arus negatif.

7. Generasi Beta (Lahir 2025-2039)

Saat tulisan ini dibuat, generasi Beta belum lahir. Kehadiran mereka diharapkan akan lebih tertarik dengan teknologi, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, menghargai perbedaan serta siap menerima perubahan. 

Seluruh harapan tersebut dinilai berdasarkan dengan apa yang terjadi saat ini dan cukup penting untuk dimiliki di masa depan.

Demikian artikel mengenai beberapa generasi pada setiap zaman yang berbeda. Kalau kamu, termasuk generasi yang mana nih?

Semoga bermanfaat.

Share This Article :
836955841360431299