LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Cara Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Berbicara masalah kesejahteraan masyarakat, tidak hanya dilihat dari baiknya pelayanan dan fasilitas kesehatan saja, melainkan ada beberapa faktor yang juga perlu diperhatikan dengan baik. Tujuannya tentu saja untuk mencapai masyarakat yang bahagia, sehat dan hidup makmur.

Untuk mewujudkannya, tentu saja tidak mudah. Apalagi meningkatkan kesejahteraan masyarakat bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga semua pihak yang terkait juga perlu saling bahu membahu.

4 Cara Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat 

Masyarakat yang hidupnya sejahtera bukan hanya untuk golongan tertentu saja, melainkan hak setiap individu memiliki hak yang sama untuk hidup sejahtera. Masyarakat bisa mendapatkan akses kehidupannya, mulai dari kesehatan, ekonomi dan pendidikan.

Hal ini tentu saja masih menjadi PR bagi pihak-pihak terkait untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia :

1. Akses pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang juga bisa menentukan nasib seseorang dan masyarakat secara keseluruhan. Setidaknya terdapat beberapa langkah yang bisa diterapkan :

  • Menambah jumlah sekolah secara merata dan memperbaiki kualitas pendidikan yang baik
  • Membangun fasilitas pendidikan yang memadai secara merata, seperti gedung, perpustakaan, laboratorium dan fasilitas penunjang lainnya 
  • Mengadakan program beasiswa atau bantuan pendidikan bagi siswa-siswi yang kurang mampu secara finansial

2. Membangun infrastruktur

Pengadaan infrastruktur yang memadai juga sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berikut di antaranya langkah yang bisa dilakukan :

  • Membangun dan memperbaiki jalan, jembatan dan sarana transportasi lainnya yang akan memudahkan mobilitas masyarakat 
  • Memperbaiki sistem sanitasi dan pembuangan air limbah untuk memastikan lingkungan yang bersih dan sehat
  • Menyediakan akses listrik yang memadai dan terjangkau untuk memenuhi kebutuhan energi rumah tangga 

3. Mendorong pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi yang kuat dan sehat akan memberikan dampak yang positif bagi kesejahteraan masyarakat. Si bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa diterapkan, di antaranya :

  • Mengembangkan sektor pertanian, perikanan dan peternakan sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat
  • Mendorong terciptanya kerja sama antara petani dan pabrik pengolahan hasil pertanian untuk meningkatkan nilai tambah produk 
  • Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berkembang melalui pelatihan, pembinaan dan pendampingan yang nantinya akan membantu wirausaha lokal mengembangkan usaha mereka

4. Meningkatkan kualitas layanan kesehatan

Setiap individu berhak untuk mendapatkan kualitas layanan kesehatan yang baik dan optimal. Jika hal ini bisa terealisasikan, maka kesejahteraan masyarakat bisa tercapai dengan baik.

Berikut beberapa di antara cara meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat :

  • Membangun pusat kesehatan masyarakat yang dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai
  • Meningkatkan jumlah tenaga medis yang tersedia sekaligus memberikan pelatihan secara berkesinambungan
  • Mengedukasi masyarakat tentang gaya hidup sehat dan mencegah penyakit melalui kampanye penyuluhan kesehatan

Peran PAFI untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat merupakan salah satu pilar penting dalam keberhasilan kesejahteraan masyarakat. 

Hal ini karena kesehatan masyarakat yang kuat merupakan salah satu elemen utama dalam pembangunan berkelanjutan (Kementerian PPN/Bappenas, 2021). 

Negara dengan warganya yang sehat mampu menghasilkan sumber daya manusia berkualitas, merangsang inovasi serta kemampuan dalam menghadapi tantangan dengan lebih baik.

PAFI adalah singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang telah berdiri sejak 13 Februari 1946 di Yogyakarta. Organisasi PAFI sekaligus menjadi organisasi asosiasi farmasi tertua yang ada di Indonesia.

Mengenal Organisasi PAFI

Organisasi PAFI adalah organisasi yang bersifat kekaryaan dan pengabdian serta berazaskan Pancasila. PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tujuan berdirinya PAFI adalah untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama. Di bawah ini adalah beberapa di antara poin penting dari tujuan organisasi PAFI :

  • Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Mewujudkan derajat kesehatan yang lebih optimal dan berkualitas bagi masyarakat Indonesia
  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia
  • Meningkatkan kesejahteraan antara sesama anggota 

Berkat hadirnya PAFI Pusat dan cabang-cabangnya, turut memiliki andil yang cukup besar untuk membantu mewujudkan Indonesia Sehat. Selain itu ada beberapa misi mulia yang diemban PAFI, di antaranya turut bersama memerangi obat ilegal serta mencegah terjadinya penyalahgunaan dan penggunaan obat.

Konklusi

Investasi kesehatan masyarakat merupakan investasi masa depan bagi sebuah negara. Ketika negara mengambil langkah untuk mendorong pencegahan penyakit melalui vaksinasi, edukasi gaya hidup sehat dan pemeriksaan rutin, hal ini pada akhirnya mengurangi beban biaya perawatan medis di masa depan.

Melalui perpanjangan tangan pafinduga, jadi lebih mudah bagi PAFI Pusat untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat, sehingga kesejahteraan bagi masyarakat bisa terealisasikan.

Semoga bermanfaat.

Share This Article :

Click here for comments 1 Comments:

  1. Semoga yaaa Indonesia bisa mencapai tahap ini, masyarakatnya sejahtera. Memang yg hrs ditekankan dulu akses pendidikan. Hanya orang2 pandai yg bisa mengubah negrinya. Sayangnya akses pendidikan di Indonesia msh mahaaaal, dan hanya orangtua tertentu yg mampu.

    Kalo masalah kesehatan, banyak dengar dari teman2 yg pakai BPJS, katanya bagus, dan membantu sekali. Semoga saja memang begitu. Juga masalah obat yg seharusnya bisa murah. Jujurnya keluargaku sendiri, kami baru balik dr Penang untuk bawa papa berobat . Krn memang mahal dan sedikit menyusahkan di sini.

    BalasHapus
836955841360431299